PULAU BALAK PESAWARAN LAMPUNG

by - January 15, 2018

 PULAU BALAK PESAWARAN 



Lampung Pesawaran - Jika ingin merasakan suasana layaknya private Island maka tepat rasanya jika berkunjung ke pulau balak Lampung, pulau yang berpasir putih ini banyak ditumbuhi pohon kelapa yang menjulang khas sebuah pulau eksotis. 
Suasananya yang sepi memberikan kesan seperti sebuah pulau milik sendiri, Pulau Balak merupakan satu dari tiga pulau kecil nan cantik yang dijumpai di teluk pidada. Dua pulau lainnya adalah pulau lunik dan pulau loh balak dalam bahasa Lampung artinya besar sehingga pantaslah jika Pulau balak dinamakan demikian karena memang Pulau ini terbesar dibandingkan dengan dua pulau tadi. Berbeda dengan Pulau Loh yang minim fasilitas di Pulau balak ini sudah tersedia rumah atau sejenis konteks sederhana yang disewakan untuk pengunjung, yang mengurus semua fasilitas di Pulau balak ini ada penjaga untuk, penerangan listrik sudah disiapkan generator listrik yang hanya menyala pada sekitar pukul 08.00 malam sampai jam 12.00 malam. 
Untuk kebutuhan toilet dan mushola juga tersedia dan bisa digunakan oleh pengunjung namun sayangnya untuk fasilitas makanan tidak disediakan oleh pihak penginapan jadi pengunjung harus membeli di warung-warung yang berada di sekitar lokasi wisata atau bisa membawa sendiri makanan dan minuman dari rumah dan jangan lupa tetap menjaga kebersihan dan kelestarian dengan tidak membuang sampah sembarangan. 
Jika kamu benar ingin merasakan sensasi tidur di alam terbuka bisa mendirikan tenda di tepi pantai, pulau ini sangat sepi dan damai jika datang ke ke pulau balak dengan rombongan tentunya lebih seru karena bisa mengeksplor keindahan Pulau Balak, sambil beramai-ramai datang ke pulau balak di sore hari jangan lewatkan sunset di ufuk Barat ketika Sunset tiba sungguh sangat mempesona dan segera ambil kamera untuk memfoto nya. 

aktivitas yang ada di pulau balak Lampung yaitu snorkeling merupakan aktivitas yang wajib dilakukan selama kamu mengunjungi Pulau ini, karena Terumbu karangnya yang mempesona untuk menuju sebuah terumbu karang tidak butuh waktu lama hanya 5 menit menyebrang dari Dermaga Pulau Balak. 



Salah satu yang menjadi ciri khas alam bawah laut perairan di pulau Balak adalah komposisi Terumbu karangnya yang sangat rapat, terumbu karang jenis oxypora, pectinia lactuca dan montipora digitata sangat mudah ditemui di sana ikan hias juga bisa ditemukan dan beraneka jenis warna ikan hidup di antara terumbu karang, jika beruntung pada musim Tertentu bisa menemukan sejumlah penyu sisik bertelur di pesisir pantai pulau Balak. 
Letak pulau balak Lampung masih dalam satu kawasan Teluk Bidadari Kecamatan Punduh pidada Kabupaten Pesawaran Pulau berjarak sekitar 400 meter dari pulau lok. Menjadi bagian dari Teluk Punduh pidada Kabupaten Pesawaran Provinsi Lampung.

Cara menuju ke pulau balak Lampung,  Pulau balak juga dimulai dari pelabuhan di desa Ketapang, Padang Cermin. Speed boat dengan kapasitas 5 sampai 6 orang bisa dewasa dengan harga Rp300.000 sampai Rp400.000 sedangkan kapal biasa kapasitas mencapai 15 orang tarifnya sekitar Rp250.000.

You May Also Like

0 comments